16 March 2009

HANABI...

Musim panas biasanya identik dengan pantai. disini juga gitu, kalau udah musim panas pasti banyak banget yang ke pantai buat berjemur, kumpul2, dll. Tapi itu adalah cara mengisi waktu summer di siang hari, kalau untuk malem hari biasanya orang2 dateng ke hanabi taikai (pesta kembang api).

Orang2 jepang (cewek ataupun cowok) kalo dateng ke pesta kembang api biasanya pake yukata (baju traditional jepang, mirip kimono tapi lebih simple). Jadi kalau ada yang sering nonton film2 jepang yang ada adegan orang2 ber-yukata + dateng rame2 ke pesta kembang api, ya itu emang beneran ada disini.

Hanabi taikai sendiri biasanya diadain di lapangan kosong yang luas, walaupun ada beberapa event yang diadain di daerah pelabuhan juga (kayak di yokohama). krn hanabi taikai selalu dipadatin orang, sehari sebelum acara biasanya mereka udah booking tempat. cara booking tempatnya tinggal taro aja sehelai tiker + kertas yang udah ditulis nama. jadi emang sistemnya mirip piknik gitu, orang2 duduk2 diatas tiker sambil minum2 bir. Mirip2 hanami (acara melihat sakura) lah, cuma bedanya hanami adalah event untuk musim semi, kalau hanabi taikai untuk musim panas.

Kembang api yang muncul di hanabi taikai juga bukan kembang api biasa, tapi kembang api yang bener2 mewah + durasi acara kembang api ini sendiri cukup lama, bisa sampe 1 jam-an. contoh2 kembang api yang muncul : kembang api dengan tulisan “hello”, kembang api berbentuk beruang, kembang api berbentuk buah2an, dll. jadi banyak banget tuh kembang api yang unik2 dengan berbagai macam bentuk ataupun tulisan. apalagi dibeberapa event, hanabi taikai juga didukung sama background sound (kayak score2 film, dll). kalau ngeliat pesta kembang api di jepang, rasanya kembang api yang muncul setiap perayaan 4 july di amrik pun ga ada apa2nya deh.

1 comment:

  1. hanabi sugoi desu!!!
    hahaha...pahlawan bertopeng is in the town yo

    ReplyDelete